Interaksi Manusia dan Komputer (Human-computer interaction) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang melipuyi perancangan(desain), evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Berfokus kepada desain dan evaluasi antarmuka pengguna, User interface adalah bagian dari sistem komputer interaktif yang memungkinkan manusia untuk berinteraksi dengan komputer.
Contohnya:
- Aplikasi desktop kini memungkinkan komunitas pengguna yang luas untuk mempersiapkan pengguna konten yang dihasilkan bagi jutaan pengguna WWW.
- Berbasis web jejaring sosial dan aplikasi media sosial adalah accesible melalui miliaran perangkat mobile.
- User-Interface menghasilkan cara-cara baru untuk bekerja, untuk bersaing, untuk, berkolaborasi, untuk pertempuran di semua aspek kehidupan, untuk meningkatkan kegunaan (usability).
Menurut ISO / IEC 9126 kegunaan (usability) adalah seperangkat atribut yang dikenakan pada usaha yang diperlukan untuk digunakan, dan pada penilaian individu penggunaan tersebut, oleh seperangkat dinyatakan atau tersirat dari pengguna.
Berikut atribut dari usability:
- Understandability
- Learn ability
- Operability
- Attractiveness
Menurut ISO 9241 - Tujuan kegunaan fokus pada efektivitas, efisiensi, dan kepuasan.
Tindakan kegunaan (5 faktor manusia pusat evaluasi masyarakat):
- Waktu untuk belajar. Berapa lama orang biasa mempelajari cara relevan untuk melakukan suatu tugas?
- Kecepatan kinerja. Berapa lama suatu tugas dilakukan?
- Tingkat kesalahan oleh pengguna. Berapa banyak kesalahan dan kesalahan-kesalahan apa saja yang dibuat pemakai?
- Retensi dari waktu ke waktu. Bagaimana kemampuan pemakai mempertahankan pengetahuannya setelah jangka waktu tertentu?
- Kepuasan subyektif. Bagaimana kesukaan pemakai terhadap berbagai aspek sistem?
Motivasi bagi Faktor Manusia dalam Perancangan
Minat
yang besar terhadap faktor manusia pada sistem interaktif muncul dari kesadaran betapa
buruknya rancangan banyak sistem yang ada sekarang.
Empat
sumber utama keprihatinan ini:
1. Sistem yang kritis bagi kehidupan. Contohnya: kendali lalu lintas udara, pembangkit listrik.
2. Pemakaian industri dan komersial. Contohnya: perbankan, asuransi, pemesanan hotel.
3. Aplikasi kantor, rumah, dan hiburan. Contohnya: pengolah kata, video game.
4. Sistem eksplorasi, kreatif, dan kerja sama.
0 komentar:
Posting Komentar