Organizational design dan Support Usability
Desain adalah kegiatan kreatif yang bertujuan untuk membangun kualitas multi-faceted objek, proses, layanan dan sistem mereka dalam siklus hidup secara keseluruhan.
Karakteristik perancangan menurut Carroll dan Rosson:
1. Perancangan adalah proses, bukan keadaan.
2. Proses perancangan nonhierarkis.
3. Proses perancangan transformasional sacara radikal.
4. Perancangan secara intrinsik melibatkan penemuan tujuan-tujuan baru.
Empat pilar perancangan
Pengembangan Metodologi
Ada puluhan metode pengembangan di iklankan, salah satunya adalah Rapid Contextual Design Method (Holtzblatt et al).
Rapid metode desain kontekstual cepat melibatkan langkah-langkah berikut :
1. Permintaan kontekstual.
2. Sesi interpretasi dan pemodelan kerja.
3. Model Konsolidasi dan bangunan diagram afinitas.
4. Persona Pembangunan.
5. Visioning.
6. Storyboard.
7. Desain lingkungan pengguna.
8. Wawancara dan evaluasi dengan prototipe kertas dan mock-up.
Observasi Etnografi
1. Persiapan.
2. Bidang studi.
3. Analisis.
4. Laporan.
Design Partisipatif
Pengembangan Skenario
Skenario Day-in-the-life:
1. Ciri yang terjadi ketika pengguna melakukan tugas khas.
2. Dapat bertindak keluar sebagai bentuk walkthrough.
3. Dapat digunakan sebagai dasar untuk rekaman video.
4. Alat yang berguna.
Pernyataan Dampak Sosial untuk Review Desain Awal.
Mendeskripsikan sistem baru dan manfaatnya
1. Sampaikan tujuan tingkat tinggi dari sistem yang baru.
2. Identifikasi pemangku kepentingan.
3. Mengidentifikasi manfaat spesifik.
0 komentar:
Posting Komentar