Kamis, 12 Desember 2013

Topik 8 - Collaboration and Social Media Participation

Tujuan dari manusia melakukan kolaborasi :
A. manusia bisa puas dan bisa meningkatkan tingkat produktivitas.
B. Kolaborasi terjadi bisa karena murni maksud untuk mendapatkan sesuatu atau karena suatu tujuan yang memiliki task yang spesifik
C. Mengetahui dan memahami proses serta strategi dari para partisipan dapat memfasilitasi kita terhadap analisis dari berbagai variable yang ada dibawah di dalam berbagai situasi dalam suatu sistem kolaborasi antar muka:
         Kemitraan terfokus: kerja sama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
         Kuliah atau demo. Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya dijadualkan.
         Konferensi. Komunikasi kelompok dengan tempat dan waktu yang berbeda
         Proses kerja terstruktur. Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan.
         Electronic commerce. Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis.
         Rapat dan dukungan keputusan. Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan.
         Teledemokrasi. Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalui konferensi, debat, dan pemungutan suara online.
         Komunitas Online
         Kolaboratori
         Telepresence
Pengelompokan Sistem Kerja Sama
         Matriks waktu-ruang untuk mengelom-pokkan sistem kerja sama (Ellis et al. 1991):

Asynchronous Distributed Interfaces
         berbeda tempat,berbeda waktu
      Email
         Tidak terlalu terstruktur
         Kadang tidak efektif / overwhelming
         tidak tetap / sementara
         Dilengkapi dari berbagai tools seperti filtering , archiving, milis, discussion group
         Biasanya terdiri atas text saja, namun bisa juga ditambahkan graphic, sound,
         animasi,video, link web sesuai kebutuhan
      Newsgroup, Listservers, Discussion Boards, Conference, Social Media Participation Web Sites, Blogs, Wikis
         Diskusi elektronik terfokus oleh kelompok.
         USENET newsgroups
* Pemakai membaca catatan sebelumnya dan menanggapi.
* Terbuka bagi umum.
* Dapat di-search melalui web.
* Setiap group membahas tentang paling sedikit 1 topik
* mirip postingan di buletin board
            list services
        Pemakai harus berlangganan.
        Menggunakan email.
        Bisa ditengahi moderator.
            Online conferences
        Mempunyai alat bantu untuk voting, direktori online pemakai dan dokumen.
            Online Magazines and newsletters
            Web-logs / blogs and wikis
         Online and networked communities
        Group identity
        Patient support groups
        Memiliki impact ke komunitas offline
        Memiliki policies dalam komunitas tersebut dan tentunya kebebasan dalam berpendapat.
        Network communities bisa controversial
         hackers
         hate groups
         para-military groups
        Bisa berupa e-learning/kursus yang menawarkan kemudahan pembelajaran jarak jauh
        Reputasi bagi online store
         Berbeda tempat, sama waktu
         Synchronous distributed applications
        Group editor: mengedit dokumen bersama. Contoh: GROVE.
        Shared workspace: menulis atau menggambar bersama (whiteboard), desain bersama, membuat dokumen bersama, mendukung kerja sama tim yang fleksibel. Contoh: TeamRooms, SEPIA.
        Shared screen: Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC Anywhere, Windows XP Remote Assistance.
         Chat, instant messaging dan texting
Diskusi melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ.
         Audio dan video conferencing
Konferensi real-time dengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU-SeeMe, Polycom DTVC products (dulu PictureTel).
         Sama tempat, sama waktu
         Tampilan bersama dari komputer dosen: penggunaan proyektor untuk menayangkan presentasi.
         Audience response units. Menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja peserta.

      Text-submission workstations. Bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana.
    Brainstorming, voting, and ranking. Digunakan pada electronic classroom atau meeting room. Mis. GroupSystems.
         Electronic classrooms
         Small teams dan large team
         Change teaching style




0 komentar:

Posting Komentar