Tujuan
dari manusia melakukan kolaborasi :
A. manusia bisa puas
dan bisa meningkatkan tingkat produktivitas.
B. Kolaborasi terjadi
bisa karena murni maksud untuk mendapatkan sesuatu atau karena suatu tujuan
yang memiliki task yang spesifik
C. Mengetahui dan memahami
proses serta strategi dari para partisipan dapat memfasilitasi kita terhadap
analisis dari berbagai variable yang ada dibawah di dalam berbagai situasi
dalam suatu sistem kolaborasi antar muka:
•
Kemitraan terfokus:
kerja sama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan
tugas.
•
Kuliah atau demo.
Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya
dijadualkan.
•
Konferensi.
Komunikasi kelompok dengan tempat dan waktu yang berbeda
•
Proses kerja terstruktur.
Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan.
•
Electronic commerce.
Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka
panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis.
•
Rapat dan dukungan keputusan.
Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan.
•
Teledemokrasi.
Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari
konsensus melalui konferensi, debat, dan pemungutan suara online.
•
Komunitas Online
•
Kolaboratori
•
Telepresence
Pengelompokan Sistem
Kerja Sama
Asynchronous
Distributed Interfaces
•
berbeda tempat,berbeda waktu
• Email
•
Tidak terlalu terstruktur
•
Kadang tidak efektif / overwhelming
•
tidak tetap / sementara
•
Dilengkapi dari berbagai tools seperti
filtering , archiving, milis, discussion group
•
Biasanya terdiri atas text saja, namun
bisa juga ditambahkan graphic, sound,
•
animasi,video, link web sesuai kebutuhan
• Newsgroup,
Listservers, Discussion Boards, Conference, Social Media Participation Web
Sites, Blogs, Wikis
•
Diskusi elektronik terfokus oleh
kelompok.
•
USENET
newsgroups
*
Pemakai membaca catatan sebelumnya dan menanggapi.
*
Terbuka bagi umum.
*
Dapat di-search melalui web.
*
Setiap group membahas tentang paling sedikit 1 topik
*
mirip postingan di buletin board
•
list services
–
Pemakai harus berlangganan.
–
Menggunakan email.
–
Bisa ditengahi moderator.
•
Online
conferences
–
Mempunyai alat bantu untuk voting,
direktori online pemakai dan dokumen.
•
Online
Magazines and newsletters
•
Web-logs /
blogs and wikis
•
Online and
networked communities
–
Group identity
–
Patient
support groups
–
Memiliki
impact ke komunitas offline
–
Memiliki
policies dalam komunitas tersebut dan tentunya kebebasan dalam berpendapat.
–
Network
communities bisa controversial
•
hackers
•
hate groups
•
para-military
groups
–
Bisa berupa
e-learning/kursus yang menawarkan kemudahan pembelajaran jarak jauh
–
Reputasi bagi
online store
•
Berbeda tempat, sama waktu
•
Synchronous
distributed applications
–
Group editor:
mengedit dokumen bersama. Contoh: GROVE.
–
Shared workspace:
menulis atau menggambar bersama (whiteboard), desain bersama, membuat dokumen
bersama, mendukung kerja sama tim yang fleksibel. Contoh: TeamRooms, SEPIA.
–
Shared screen:
Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC
Anywhere, Windows XP Remote Assistance.
•
Chat, instant messaging dan texting
Diskusi
melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ.
•
Audio dan video conferencing
Konferensi
real-time dengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU-SeeMe,
Polycom DTVC products (dulu PictureTel).
•
Sama tempat, sama waktu
•
Tampilan
bersama dari komputer dosen: penggunaan proyektor untuk
menayangkan presentasi.
•
Audience response units. Menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja peserta.
• Text-submission workstations. Bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana.
• Brainstorming, voting, and ranking. Digunakan pada electronic classroom atau meeting room.
Mis. GroupSystems.
•
Electronic classrooms
•
Small teams dan large team
•
Change teaching style
0 komentar:
Posting Komentar